Standard Mina Build : Tank
3220
By : terrylillet
Create : 2017-09-07 07:46:55
Mina
Tank
Skills
Pertahanan
7.3
Serangan
3.6
Efek Skill
3.6
Kesulitan
2.7
Talents
Item Utama
Item Alternatif
Skill point order
passive
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Arcana Level 2
Brute Force
Phys. ATK +1.5
Max HP +13.5
Mutation
Max HP +45
Potential
Max HP +15.7
HP Regen +3.1
Cooldown Red. +0.3%
Arcana Level 3
Sword
Phys. ATK +3.2
Colossus
Max HP +75
Prowess
Max HP +37.5
Cooldown Red. +0.6%
Hero Kawan
VS
Payna
Skill heal Payna sangat bagus untuk Mina, sehingga Mina bisa bertahan lagi lebih lama di Team-Fight.
VS
Diao Chan
Ultimate milik Mina memudahkan Diao Chan untuk membekukan musuh secara banyak sekaligus dan menghabisinya dengan ultimatenya :))) dan juga bersinergi dengan mage mage lainya
VS
Violet
Violet adalah Archer yang memiliki skill AoE yang tinggi. Skill Fire In the Hole milik Violet memiliki jarak yang jauh dan melambatkan musuh secara drastis sehingga memudahkan Mina untuk mengejar, menarik, dan menggunakan Ultimatenya.
VS
Ilumia
Dimanapun dia berada skill Ultimatenya bisa langsung menghajar musuh yang sedang di Ultimate oleh Mina :))) (Stun lagi. so balance....)
Hero Lawan
VS
Zanis
Skill ultimate milik Zanis adalah Real Damage. Ditambah lagi setelah menggunakan skill Ultimate, serangan basic Attack Zanis memiliki tambahan 3% dari max HP damage sebagai real damage. Ini membuat Mina sangat cepat sekali mati walaupun menggunakan Ultimatenya.
VS
Azzen'Ka
Azzen'ka memiliki skill set yang memperlambat dan membuat musuh diam. Mina menjadi lebih susah untuk mengapproach musuh jika melawan Azzen'ka bahkan Mina bisa mati duluan.
VS
Ormarr
Skill set yang sakit, passive ability yang menghancurkan HP dan Stun. Mina menjadi cepat mati saat melawan Ormarr
Hero Info, Strategi, Tips, dan lain lain

 HI, AND WELCOME TO MY MINA BUILD

1. ?WHY MINA?

Mina adalah salah satu Hero Favorit saya di Arena of Valor. Mengapa?

A. Mina adalah Hero dengan skill Hard CC.
Apa sih Hard CC? Hard CC itu dimana kalo kalian gk bisa mengontrol hero kalian (Agak absurd ya...) oke contoh Hard CC adalah Stun. Kalo Stun gk bisa digerakin toh? Mina punya skill yang lebih hebat yaitu Taunt, membuat musuh berkumpul dan menyerang dirinya. Ditambah dengan pasifnya ketika terkena damage, Mina memiliki kemungkinan untuk menyerang balik dengan AoE

B. Memiliki potensi varian build yang berbeda-beda.
Dengan skill-skill miliknya, Mina memiliki banyak Build, tapi yang saya bahas disini adalah Standard Build : Tank

C. Wanita bertampang Anime di AoV
Okey, yang 1 ini memang (atau cuman persaan gua doang) Mina itu mirip karakter Anime, gaya rambutnya dan mukanya. Dan namanya kaya orang Japun kan?

D. Mina itu cantik
Well, kapan lagi ngeliat wanita mirip Anime di game MOBA Mobile Favorit, bawa Celurit lagi.

Pro dan Kontra:
Pro :
+ Defense yang tinggi
+ Memiliki skill set yang versatile
+ Memiliki skill Control yang baik
+ Semua skillnya Straight Forward sehingga mudah digunakan
+ Anime Grill Girl

Kontra :
- Tidak memiliki ability untuk lari
- Lambat
- Damage yang sangat kecil

 

2. PENJELASAN SKILL

A. Passive (Sweet Revenge)

Skill ini sebenernya sangat straight forward. Mina memliki kemungkinan untuk menyerang balik saat terkena damage sebagai Phys. DMG kesekeitarnya. Skill ini sangat berguna pada awal-awal saat memasuki laning phase, usahakan kamu menerjang creep secara langsung, supaya kamu diserang creep dan memiliki kemungkinan menyerang balik yang lebih tinggi, ini berguna untuk mengharras musuh(membuatnya mundur) atau untuk clear wave(membunuh creep musuh secara cepat). Skill ini sangat bersinergi dengan Ultimate Mina dimana musuh terpaksa menyerang Mina

B. Skill 1 (Whirling Scythe)

Skill ini lebih Straight Forward lagi, berputar dan menghasil kan Phys. DMG ke musuh disekitar Mina. Gunakan ini untuk melukai musuh yang sedang berkumpul.

C. Skill 2 (Death Scythe)

Mina menarik musuh dalam jangkauan menuju dirinya dengan menggunakan senjatanya. Menghasilkan Phys. DMG dan menariknya kemudian -50% mov speed selama 2 detik. 

Okay ability yang 1 ini adalah inti dari kenapa saya menyukai Mina. Skill ini menarik musuh, dan membuatnya berkumpul langsung didepan Mina, kalau tidak salah ada durasi stunnya yang sebentar saat musuh tertarik. Skill ini sangat bagus untuk musuh yang mencoba untuk kabur, dan perlu diingat? TARIKAN SKILL INI DAPAT MENEMBUS TEMBOK.

Gunakan skill ini sebelum menggunakan Ultimate/Musuh yang mencoba kabur.

D. Ultimate Skill (Dark Dominion)

-Membuat musuh disekitar menyerang Mina selama 2 detik dan damage yang diterima Mina berkurang 50%
-Simpel kan? Simpel dong, tapi jangan remehkan kemampuan ini. Kemampuan ini sangat berguna di Team Fight. Mengapa? Okey, musuh disekitar terpaksa menyerang mu selama 2 deitk. Pada saat musuh menyerang Mina, musuh sudah bakalan mati duluan sama Ulti Diao Chan, Natalya, Aleister, Dll. Seriously ?2 DETIK DI MOBA ITU LAMA.
-Gunakan skill ini setelah menggunakan skill Death Scythe/Gunakan skill ini untuk kabur (Inget! damage yang diterima Mina berkurang 50% saat skill ini aktif)

3. STRATEGI DAN TAKTIK

A. PEMILIHAN ITEM
Pertama-tama kenali lawanmu dan temanmu terlebih dahulu, tipe seperti apakah lawanmu. Apakah musuh yang banyak Auto-Attacker? Seperti Fennik, Valhein, Nakorth? Atau musuh yang memiliki banyak Magic Damage, seperti Natalya, Azzen'ka.
 

ITEM UTAMA DAN STANDARD :

  >    >    >    >    >  

Build ini sangat cocok untuk Mina dalam apapun kondisinya

Crimson Banner

+200 Phys. DEF
+1200 HP
Ability pasifnya adalah heal 20% dari max HP selama 5 detik saat mendapat Kill atau Assist Cool Down 10 detik. Sangat bagus untuk Tank yang memiliki HP besar seperti Mina, Item ini dibuat pertama agar Mina bisa bertahan lama di Early Battle. Efek healnya juga bisa ditambah dengan

Sonic Boots

+110 Phys. DEF
Passive : Mov Speed + 60
Passive : Mengurangi Damage Attack Nomal sebesar 10%
Sonic Boots adalah sepatu yang standard. Sepatu ini sebaiknya digunakan jika kamu melawan banyak hero hero Auto Attacker seperti Yorn, Nakroth, Fennik, dan auto Attacker lainya. Jika kamu memiliki lawan yang Dominan Magic Attack, maka sebaiknya menggunakan 

Mail of Pain

+300 Phys. DEF
+400 HP
Passive : Backfire : Jika terkena Phys. DMG, maka musuh yang menimbulkan damage tersebut mendapat Magic DMG sebesar 1% dari Max HP mu
Item ini adalah Core Item milik Mina, Item ini sangat bersinergi dengan Ultimatenya  dimana musuh terpaksa menyerang Mina dan menimbulkan Phys. DMG ke Mina. Selain Menawarkan serangan balasan, item ini juga menawrkan Phys. DEF yang besar, cocok untuk musuh dengan Attack Speed yang tinggi. Dan perlu diingat, semakin besar HP mu semakin besar juga Backfire yang ditimbulkan oleh item ini. So jangan ragu ragu untuk Build item yang menambah HP :)))

Medalion of Troy

+10% Cooldown Reduction
+280 Magic DEF
+1100 HP
Passive : Blessed : Setiap 15 detik mendapatkan Shield yang menyerap (300 - 1000 Meningkat sesuai dengan Level) Magic DMG.
Selain dari Cooldown Reductionya, Item ini menawarkan magic def yang lumayan, selain itu memberikan HP yang besar, cocok digunakan bersamaan dengan  dan Passive Abilitynya sangat bagus untuk Mage-Mage yang tidak terlalu sakit magic damagenya seperti Aleister, Payna, Alice.

Shield of the Lost

+270 Phys. DEF
+1200 HP
Passsive : Spirit Bond : Mengurangi Attack Speed musuh disekitar sebesar 30%
Item ini bagus untuk melawan Archer-Archer , Passivenya mengurangi Attack Speed musuh sebesar 30%, ditambah lagi tambahan HP yang besar membuat Mina semakin susah untuk dibunuh.

Gaia's Standard

+180 Magic DEF
+1100 HP
+8% Move Speed
Passive : Heal : Setelah menerima Damage, Heal 8% dari MAX selama 2 detik. Cooldown 10 detik. 
Hampir sama dengan Crimson Banner, hanya saja heal ini didapat pada saat menerima damage. Dengan HP Pool yang besar milik Mina item ini sangat bagus untuk Mina, bonus Move Speednya juga bagus untuk mengejar musuh dan menariknya dengan 

ITEM ALTERNATIF, GUNAKAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN : 

Amulet of Longevity

+1200 HP
+100HP/5 Detik
Passive : I'm Golden : Efek Heal bertambah sebesar 20%
Passive : Longevity   : Max HP bertambah 7%
Selain memberikan HP yang sangat besar, item ini juga memiliki efek menambahkan skill heal yang diterima, sangat bagus digunakan jika bersama dengan Item dan  dan sangat direkomendasikan jika bertemu Payna sebagai teman di game.

Ancestral Glory

+1000 HP
Passive : Ressurect : Hidup kembali setelah 3 detik setalh mati dengan 40% HP. Cooldown 180 detik.
Pertimbangkan Item ini jika ternyata kamu cepat mati, dan Team kamu membutuhkan waktu team fight yang lebih lama.

Mantle of Ra

+1500 HP
Passive : Burn : Menghasilkan 100 Magic(+4 setiap level) DMG. Kem musuh sekitar.
Item ini sangat bagus jika kamu menginginkan lebih agresif saat awal-awal, damage burn yang ditawarkan juga lumayan, selain itu ingat +1500 HP

B. GAMEPLAY

Early Game :
Pada saat early game terutama laning phase, pastikan kamu bermain yang cukup agresif pasif milik Mina sangat baik dalam permainan agresif. Kamu hanya perlu ditengah creep musuh dan biarkan musuh menyerangmu untuk mengaktifkan pasif ini. 

Jika kamu 1 lawan 1 dengan melee hero maka kamu bisa sangat mudah mengharras mereka, jika lawan Mage/Archer, agak rumit, karena mereka jarak jauh. Pastikan kamu bermain safe jika 1 lawan 1. Jika kamu memiliki teman di lane tersebut, kamu bisa jadi sangat agresif, dengan  dan 
Untuk musuh yang nakal, seperti Assassin yang mencoba Tower Diving, kamu bisa langsung menggunakan ultimate , agar dia mennyerang mu dia diserang tower, kemudian saat dia ingin kabur tarik kembali dengan ?. Dijamin pasti mati itu musuh. Dan ingat! Skill , walaupun menarik musuh ke dekat tower namun musuh tidak menyerang kamu, skill ini akan dijamin sia-sia karena tower tetap menyerang creep.Wkkwkwkwk

Mid-Game : 

Kamu sudah bisa Roaming dan membantu teammu yang membutuhkan bantuan, caranya ada dibawah.

Late-Game :

Tidak jauh beda sama Mid-Game

C. STRATEGI TEAM-FIGHT
Seperti sebelumnya dikatan Mina adalah hero dengan kemampuan Control yang terbaik, namun apalah gunanya control jika tidak ada Attacker/Finisher

Didalam team-fight, yang harus Mina lakukan adalah :

1. Inisiasi
Mina memiliki beberapa cara Inisiasi, yang pertama dengan skill  kemudian dilanjutkan dengan . Cara ini sangat standard dan efektif bagi musuh yang cukup bodoh untuk berkumpul untuk ditarik dan di taunt. Cara ini juga sangat mudah dilakukan karena memang Straight Forward.
Kemudian cara lainya adalah dengan langsung maju dan menggunakan . Cara ini biasanya lebih efektif daripada cara yang diatas, hanya saja kamu harus pandai-pandai bermain flank (menyusup ke belakang musuh). Cara ini akan sangat susah jika kamu langsung maju karena musuh pasti mundur(kwkwkwkwk) perhatikan juga tipe-tipe musuh, seperti Azzen'ka dan Alice dapat memperlambat Mina, sehingga Mina bisa mati duluan sebelum Inisiasi. Setelah kamu menggunakan , saat durasi ingin habis langsung saja gunakan skill , ini langsung membuat musuh yang berusaha kabur kembali lagi dan Movement Speednya berkurang 50%. Selain itu talent Flicker memudahkan Mina untuk langsung berada di tengah musuh untuk inisiasi karena blink yang tiba-tiba mengejutkan musuh. Jago-kan Mina?

Dalam melakukan Inisasi, paling tidak pastikan 1 Mage atau 1 Archer terkena efek CCmu. Ini bisa langsung mendisable Damager musuh dan membuat potensi Team-Fight musuh menjadi lemah.

Sebuah Inisiasi yang baik akan menentukan menang/kalahnya team fight tersebut

2. Punching Bag musuh (Yang ditarget musuh)
Selain harus Inisiasi, Nasib jadi Tank adalah harus siap digebukin musuh. Tetapi tidak masalah, ultimate  milik Mina mengurangi semua damage sebesar 50% dan  yang memberikan Backfire kepada musuh Yang terpenting JANGAN TAKUT MATI. Walaupun mati, kamu mati buat team. YOU DIED FOR TEAM DUDE! Yang harus kamu lakukan adalah mengganggu Damager seperti Archer/Mage menggunakan , , dan bahkan kehadiranmu dengan saja sudah menggangu musuh, supaya mereka terus memukulmu. Memang, Archer dan Mage yang baik tidak akan mengincar tank, tapi kalo diganggu terus ya mereka kabur ato engga bales wkkwkwkw.

4. KESIMPULAN

Secara garis besar adalah Mina adalah salah satu hero control terbaik di AoV ini, selain skillnya yang benar-benar mendisable musuh, Mina memiliki defense yang tinggi, dialah yang menentukan suatu Team-fight apakah menang apa kalah. Timing adalah segalanya, dan ingat 2 DETIK DI MOBA ITU LAMA.

 

note : penyeberan artikel ini harus dengan sepengetahuan saya

orang menyukai panduan ini